Sejarah Bola Basket Dari Amerika Sampai Ke Indonesia

Bola basket atau basketball merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.  Ada banyak kompetisi bola basket yang cukup terkenal seperti NBA, BBL, hingga IBL di Indonesia.  

Jenis olahraga ini cukup digemari dan bahkan menjadi salah satu pilihan ekstra kurikuler di banyak sekolahan.  Namun tahukah kamu bahwa olahraga ini memiliki sejarah yang cukup panjang sebelun masuk ke Indonesia? 

Ternyata awal kemunculan olahraga basket dimulai dari terciptanya bola basket yang menjadi alat utama dalam permainan ini.  Berdasarkan catatan sejarah diketahui bahwa bola basket pertama kali diciptakan oleh Dr. James Naismith yang lahir di Ontario, Kanada pada tahun 1861. 

Dr. James Naismith merupakan seorang pengajar di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts.  Lahirnya olahraga basket bermula ketika Dr. James A. Naismith harus membuat sebuah permainan di ruang tertutup untuk mengisi liburan musim dingin. 

Naismith yang terinsipirasi dengan permainan memantulkan dan menangkap bola sewaktu kecil akhirnya menciptakan permainan bola basket pada 15 Desember 1891.  Istilah basket sendiri merupakan sebutan yang diucapkan oleh salah satu muridnya. 

Adapun pertandingan resmi bola basket pertama kali diselenggarakan pada 20 Januari 1892.  Dengan semakin banyaknya orang yang mengenal dan menyukai permainan ini maka olahraga bola basket semakin terkenal di berbagai wilayah di Amerika Serikat. 

Dengan perkembangan yang begitu pesat ada banyak pertandingan basket yang diselenggarakan di kota-kota negara bagian Amerika Serikat.  Hingga saat ini basket dikenal sebagai salah satu industri olahraga besar di Amerika Serikat.

Perlu diketahui bahwa pada awal kemunculannya permainan basket dimainkan oleh 9 orang dari masing-masing team dengan peraturan yang belum sempurna.  Salah satunya adalah pengoperan bola tanpa dribble dan hanya melalui lemparan atau pass. 

Dalam perkembangannya permainan ini mulai banyak dikenal dan dimainkan di berbagai tempat dengan adanya perubahan peraturan yang lebih baku. 

Dua tahun pasca penemuan olahraga ini akhirnya James A Naismith bersama rekannya, Luther Gullick mulai memikirkan peraturan resmi untuk olahraga basketball.  Pola permainan dan peraturan dalam permainan bola basket juga menyesuaikan dengan situasi maupun industri olahraga.

Di wilayah Asia sendiri bola basket mulai dikenalkan di China pada tahun 1894 melalui Bob Baily yang diutus ke Tientsien.  Sejak saat itu China diketahui mulai memainkan olahraga basket.  Selain China, Jepang dan Filipina juga mulai mengenal permainan bola basket di tahun 1900.

Adapun masuknya permainan bola basket di Indonesia rupanya dimulai sejak tahun 1920-an ketika para perantau China mulai masuk ke Indonesia.  Para perantau yang membentuk komunitas Tionghoa mendirikan sekolah Tionghoa yang memasukkan bola basket sebagai olahraga wajib bagi para siswanya.  Dengan kondisi tersebut maka tidak heran jika di setiap sekolah Tionghoa selalu dilengkapi dengan lapangan basket.

Bukan hanya terbatas di sekolah saja, pada tahun 1930-an di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, dan Yogyakarta mulai bermunculan perkumpulan-perkumpulan  basket.

Sementara pasca Proklamasi Kemerdekaan RI di tahun 1945, olahraga basket mulai dikenal luas.  Dan puncaknya adalah pada penyelenggaraan PON I di tahun 1948 di Solo ketika olahraga basket dimainkan untuk pertama kalinya dalam skala nasional. 

Hingga akhirnya pada 23 Oktober 1951 terbentuklah organisasi bola basket dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia yang kemudian disempurnakan menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi di tahun 1955. 

Di tahun 1953 Perbasi diterima sebagai anggota FIBA dan mengirimkan team basket untuk pertama kalinya di Asian Games pada tahun 1954.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.