Jenis-Jenis Jersey Basket NBA

Bagi penggemar basket, tentu akan sangat bangga jika memiliki jersey basket sesuai dengan pemain atau team yang dibanggakan. Seperti halnya sepakbola, kaos jersey untuk basket juga memiliki kelas-kelas berdasarkan kualitas dan harganya. Berikut ini adalah beberapa jenis jersey basket yang beredar di pasaran.

Jenis Replika
Jenis jersey basket ini memiliki kualitas yang paling rendah, dengan bahan yang cenderung licin. Jenis ini memiliki full sablon baik itu nomor, nama pemain hingga logo team, sedangkan logo NBA dan brand dibordir. Jenis jersey ini umumnya memiliki desain bahu yang melebar seperti pada Team 76ers. Jenis jersey ini paling mudah dicari, terutama di toko Nike atau Adidas di Indonesia. Untuk harga pasaran, jersey Replika di banderol dengan kisaran harga Rp 300.000-Rp 600.000.

Swingman
Jenis jersey ini memiliki kualitas di atas replika sehingga harganya relatif lebih mahal, yaitu di kisaran harga Rp 700.000-Rp 800.000 untuk jersey baru, sedangkan untuk harga second minimal seharga Rp 300.000. Jenis jersey ini memiliki desain potongan baju yang cenderung menyempit pada bahunya seperti pada kebanyakan pemain NBA, namun demikian untuk Team Rockets dan Sixers biasanya menggunakan jersey berbahu lebar. Adapun untuk logo brand, NBA, maupun team, nama dan nomor punggung dibordir pada sisi luar font dengan 1 lapis bordir. Dan untuk ukuran jersey, sizing yang digunakan S, M, L, XL, 2XL, dan XXXL.

Authentic
Jenis jersey ini memiliki desain bahu yang menyempit, tanpa logo produsen jersey di bahu sebelah kiri ataupun kanan atas, namun logo team, Adidas, maupun NBA serta nomer dan nama punggung dibordir pada sisi luar dan dalam font dengan 2-3 lapis bordir. Jersey ini dipasarkan dengan harga Rp 300.000-Rp 550.000 untuk kaos tanpa tag made in, sedangkan untuk jersey yang ada tag made in, harga bisa mencapai Rp 1.000.000 lebih. Untuk harga second, jersey ini dibanderol dengan harga Rp berkisar antara Rp 500.000-Rp 600.000. Adapun jersey baru dipasarkan dengan harga Rp 1.000.000, dan tergantung siapa pemainnya.

Pro Cut
Jersey jenis ini memiliki ukuran yang sama dengan pemain aslinya, dengan sizing berupa angka 40, 44, 46, 48, 50, 52, 54, 56, 58, 60, dengan penambahan length +2, +3, +4, +5. Namun ukuran ini tidak lagi digunakan lagi hingga musim 2010, sedangkan pada musim 2010-2011 sizing yang digunakan adalah NBA Revolution, yaitu 3XL, 2XL, dan Length +4. Kisaran harga untuk jenis jersey antara USD 125-USD 1.000, tergantung siapa pemainnya. Jersey Pro Cut rawan untuk dipalsukan sehingga untuk mendapatkan jersey ini sebaiknya membeli di asosiasi yang terpercaya, seperti Auction NBA ataupun yang bekerja sama dengan NBA, misalnya Meigray. Jenis jersey ini juga lebih panjang, dan tidak digunakan oleh pemain NBA.

Game Issued
Meskipun dibuat untuk pemain, namun jersey ini tidak dipakai oleh pemain. Karena sifatnya sebagai kaos cadangan, maka jersey ini memiliki spesifikasi yang sangat mirip dengan yang dipakai oleh pemain. Untuk jersey ini, harga yang dibanderol berkisar antara USD 250- USD 1.500 tergantung siapa pemainnya.

Game Worn
Jenis jersey ini adalah yang termahal, yaitu seharga USD 195 hingga puluhan ribu dollar dan tergantung siapa pemainnya. Sebenarnya jersey ini adalah Game Issued yang telah dipakai oleh pemain, alias bekas keringatnya. Keaslian jersey ini dapat dilihat dari tambahan tag dan sertifikat resmi yang menyertainya. Jersey yang hanya dijual pada saat musim NBA ini bisa didapatkan di Auction NBA atau Meigray.

Bagi kalian yang ingin membuat jersey basket untuk team kalian sendiri, kami siap untuk melayani. Silahkan hubungi kami kapan saja.

http://andalasjersey.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *